Senin, Mei 31, 2010

E-Bisnis

Website atau situs bisa diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video atau gabungan semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman (hyperlink).

Jenis-jenis Website:
Website Statis: Isi informasi web tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website.
Contoh Website Statis: Berisi Profil perusahaan

Website Dinamis: Isi informasinya selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik dan pengguna website.
Contoh Website Dinamis : Friendster, Facebook, Multiply, dll.

Keamanan Untuk menjalankan eCommerce, dibutuhkan tingkat keamanan yang dapat diterima. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi, yaitu antara lain dengan menggunakan enkripsi untuk mengacak data. . Dengan cara itu sangat mungkin untuk mengembangkan aplikasi e-commerce yang memungkinkan menyambungkan semua aspek bisnis, dari proses pemesanan hingga pembayaran. Micropaymet: transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus
Yang perlu diperhatikan dalam hal keamanan:
- Privacy
- Integrity
- Authentication
- Availability
- Non Repudiation
- Access Control

E-Bisnis pada situs web e-learnigadalah: apabila situs tersebut dapat memberikan pengetahuan (learning) lebih kepada pengunjung situs tersebut.

Keuntungan dan kekurangan e-bisnis:
Keuntungan :
- Konsumen tidak perlu datang untuk mendapatkan barang tapi cukup dengan memesan barang melalui internet.
- Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya alat transportasi
- Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
- Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di negara lain.
- Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah.

Kerugian Dalam Transaksi Secara Online :
- Meningkatkan individualisme (seseorang bisa bertransaksi dengan mudah tanpa harus bertemu dengan penjual produk/jasa), ini berarti membuat orang berpusat pada diri sendiri (egois) dan tidak membutuhkan kehadiran orang lain.
- Terkadang menimbulkan kekecewaan, karena yang terlihat di komputer bisa lain bila terlihat oleh kasat mata.
- Terasa tidak manusiawi, karena walaupun diinternet kita bisa bertransaksi atau bahkan chatting, namun kita tidak bisa merasakan jabat tangan atau bahkan melihat senyum ramahnya.